Akibat Tambang,Kahancuran Gunung di Pangkep Mulai Terasa, Manager PT Gunung Marmer Raya, Miliki 18,5 Hektar

herman, 31 Aug 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PANGKEP- Sejumlah perusahaan marmer dan perusahaan semen yang melakukan tambang, pengrusakan hutan-hutan dengan memotong batu,  yang berada dibeberapa lokasi diwilayah penggunungan Kabupaten Pangkep, kini telah terasa atas dampak yang ditimbulkan.

PT Gunung Marmer Raya, salah satu diantaranya perusahaan marmer yang dikonfirmasi melalui managernya Sabtu (31/8) di Desa Tabo-Tabo Kecamatan Bungoro mengatakan bahwa kami telah memiliki lahan tambang seluas 18,5 hektar, dan masih luas yang kami belum garaf, seraya memperlihatkan gambar atas lokasi perusahaan marmer tersebut.

“Kami memiliki ijin tambang pak, dari Dinas Pertambangan seluas 18,5 hektar, surat-surat kami lengkap, namun dari luas 18,5 hektar itu baru sebahagian yang kami garaf” ujarnya.

Gunung-gunung yang berceceran menghijau sebagai paku bumi dan mengantisipasi banjir, erosi, kekeringan itu, dengan pohon-pohon bersamanya, kini telah dipotong lalu ekspor keluar negara.

Kepala Desa Tabo-Tabo kecamatan Bungoro Umar Saing yang dihubungi dikediamannya Sabtu (31/8) mengatakan bahwa harusnya perusahaan tersebut, memperlihatkan kepeduliannya terhadap masyarakat Desa Tabo-Tabo, jangan Cuma gunungnya saja yang ditebang lalu diekspor tanpa memperhatikan konstribusi untuk lingkungan yang seimbang.

Saat ditanya bahwa, menurut manager PT Gunung Marmer, ada konstribusi air yang disumbang untuk warganya dan lampu jalan melalui CSRnya,

Kepala Desa Umar Saing membantah hal tersebut, itu bukan CSR, tapi sebuah perjanjian dan harus dia laksanakan sebelum dia buka perusahaannya, “Kalau CSR itu ada aturannya, ada undang-undangnya dan dia juga harus lakukan itu berdasar yang diatur oleh Pemerintah. (anca/herman djide)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu